Download File

Kalender Pendidikan

-->Klik kanan link
-->Simpan tautan sebagai

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Sejarah RA Astsuroya

Oleh Admin 23-08-2013 10:04:48

SEJARAH RAUHDTUL ATHFAL (RA) AS- TSUROYA

 

Oleh : Heryanto, S. Pd. I

Pendiri RA As- Tsuroya

 

            Raudhatul Athfal (RA) As- Tsuroya yang beralamat di Jalan Embah Alif, Blok Sangkanhurip RT 004 RW 002 Desa Pasirmuncang Kecamatan Panyingkiran Kab. Majalengka berdiri sejak 21 Agustus 2008 atas saran dari salah satu Ustadz yang sudah mendirikan RA, dengan pertimbangan kebutuhan masyarakat setempat atas pendidikan pra sekolah yang berbasis agama Islam. Darisitulah kami merintis dari awal dengan melakukan sosialisasi kepada jajaran kepengurusan lembaga dan orang tua/ Wali murid yang pada saat itu sudah ada Lembaga Kelompok Bermain (KOBER).

            Kegiatan KBM nya baru bisa dilaksanakan pada tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah peserta didik hanya 14 anak dan 2 orang Guru, bersamaan dengan itu kami mengajukan Izin Oprasional RA kepada pihak Kementerian Agama Kabupaten Majalengka dengan nama “RA As-Tsuroya” yang berarti “Bintang Tsuroya” atau “Bintang yang tertinggi”, diambil dari nama putera kedua pendidri RA yang bernama Siti Tsuroya, yang diharapkan peserta didik setelah mendapatkan bimbingan/ layanan pendidikan dari RA As –Tsuroya dapat menjadi Insan yang bermartabat dan mempunyai kedudukan tinggi baik didunia ataupun diakhirat dengan menanamkan dasar keimanan dan ahklakul karimah, sesuai dengan Motto RA As- Tsuroya :

“ BENTANG” (Beriman dan Tangguh).

            Pada tahun 2010 kami baru mendapatkan Izin Oprasional dengan Nomor Setatistik Madrasah (NSM) 101232100187 dan pada tahun 2013 kami mendapatkan Nomor Pokok Statistik Nasional (NPSN) dengan Nomor 69736985.

Dengan program –program RA yang di bingkai dalam Visi dan Misi yang dikembangkan di KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) RA kami, Al Hamdulillah” kelihatan perkembangan baik secara kuantitas ataupun kualitas, peserta didik meningkat setiap tahunnya dari mulai 14 anak 2009, 42 anak 2010, 28 anak 2011, 15 anak 2012, 40 anak 2013 dan 4 orang Guru Pembimbing. Dan pada tahun 2012 RA As-Tsuroya meraih juara II mewarnai gambar Tingkat TK dan RA se- Kabupaten Majalengka.

Gedung yang kami gunakan sampai sekarang adalah satu ruangan kosong yang menempel kerumah pimpinan lembaga, dengan ukuran hanya 32² , sangat sempit sekali untuk standar kapasitas kegiatan KBM, namun kami beserta para guru tidak menjadikan penghalang  dalam proses kegiatan pembelajaran di RA As- Tsuroya.

Ini merupakan kebanggan kami tersendiri, namun masih banyak kekurangan dilembaga kami baik bidang sarana-prasarana, keguruan ataupun kelembagaan. Untuk itu mohon kritik dan saran sebagai evaluasi , motivasi dalam meningkatkan kualitas KBM kami.